Cara Ekspor Sarang Walet ke China

admin

0 Comment

Link
Cara Ekspor Sarang Walet ke China

Cara Ekspor Sarang Walet ke China – Sarang burung walet merupakan salah satu produk unggulan Indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi di pasar internasional, khususnya China. Sarang burung walet memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan sistem imun, memperbaiki pencernaan, mengatasi insomnia, dan mencegah penuaan dini. Tidak heran jika permintaan sarang burung walet dari China terus meningkat dari tahun ke tahun.

Namun, untuk bisa mengekspor sarang burung walet ke China, kamu tidak bisa sembarangan. Ada beberapa persyaratan dan tahapan yang harus dipenuhi agar proses ekspor berjalan lancar dan sesuai dengan standar kualitas dan keamanan yang ditetapkan oleh pemerintah China. Apa saja persyaratan dan tahapan tersebut? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini, ya!

Persyaratan Ekspor Sarang Walet ke China

Sebelum memulai proses ekspor, kamu harus memahami peraturan dan persyaratan ekspor sarang walet ke China. Peraturan dan persyaratan ini ditetapkan oleh General Administration of Custom China (GACC) dan Badan Karantina Pertanian Indonesia (Barantan). Tujuannya adalah untuk menjamin kualitas, keamanan, dan ketelusuran produk sarang burung walet yang diekspor ke China.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh perusahaan eksportir sarang burung walet ke China:

  • Traceability: Sarang burung walet harus bisa ditelusuri asal-usulnya, mulai dari rumah walet, tempat pemrosesan, hingga tempat pengeluaran. Hal ini untuk memastikan bahwa sarang burung walet berasal dari sumber yang aman dan sehat.
  • Kandungan nitrit: Sarang burung walet harus bersih dari kandungan nitrit, yakni kurang dari 30 ppm. Nitrit adalah senyawa kimia yang bisa terbentuk akibat proses fermentasi atau pengawetan sarang burung walet. Nitrit bisa berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.
  • Pemanasan: Sarang burung walet harus diproses dengan perlakuan pemanasan dimana suhu inti produk tidak boleh di bawah 70°C dan dipertahankan setidaknya selama 3,5 detik. Tujuannya adalah untuk mematikan virus Avian Influenza (AI) dan mikroba patogen lainnya yang mungkin ada di dalam sarang burung walet.

Selain persyaratan di atas, Anda juga harus menyiapkan beberapa dokumen penting yang dibutuhkan untuk proses ekspor, seperti akta perusahaan, SIUP, Nomor Kontrol Veteriner (NKV), Sertifikat HACCP, dan Sertifikat Sanitasi dari dokter hewan karantina. Kamu juga harus mendaftarkan tempat pemrosesan, rumah walet, dan alat pemanas ke Barantan dan GACC secara online melalui aplikasi APIKH (Aplikasi Penetapan Instalasi Karantina Hewan).

Cara Mengirim Paket COD, Mudah dan Aman

Tahapan Ekspor Sarang Walet ke China

Setelah memenuhi persyaratan ekspor, kalian bisa melanjutkan ke tahapan ekspor sarang walet ke China. Tahapan ini meliputi beberapa langkah, yaitu:

  1. Pengajuan permohonan: Kamu harus mengajukan permohonan penetapan Instalasi Karantina Hewan (IKH), nomor registrasi tempat pemrosesan, dan nomor registrasi rumah walet ke Barantan. Isi formulir aplikasi GACC dan melengkapi dokumen tolak ukur inspeksi, lalu menyampaikannya ke Barantan untuk diajukan resmi ke GACC.
  2. Verifikasi dokumen dan lapangan: Barantan akan melakukan verifikasi dokumen dan lapangan untuk menilai kelayakan dan pemenuhan persyaratan tempat pemrosesan dan rumah walet. Jika hasil verifikasi menyatakan memenuhi persyaratan, Barantan akan menerbitkan surat pernyataan merekomendasikan untuk didaftarkan ke GACC.
  3. Pengiriman berkas ke GACC: Barantan akan mengirimkan berkas permohonan kamu ke GACC secara kolektif. GACC akan melakukan evaluasi dan verifikasi berkas. Jika berkas lengkap dan sesuai, GACC akan memberikan persetujuan.
  4. Audit tempat pemrosesan oleh pemerintah China: GACC akan melakukan audit tempat pemrosesan secara langsung atau melalui video inspeksi. Audit ini bertujuan untuk memastikan bahwa tempat pemrosesan memenuhi standar kualitas dan keamanan yang ditetapkan oleh pemerintah China.
  5. Ekspor sarang burung walet: Jika hasil audit menyatakan bahwa tempat pemrosesan memenuhi persyaratan, kamu bisa melakukan ekspor sarang burung walet ke China. Lengkapi pengiriman dengan sertifikat sanitasi dari dokter hewan karantina di tempat pengeluaran, melalui tempat-tempat pengeluaran yang ditetapkan, dan dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina di tempat pengeluaran.

Kesimpulan

Ekspor sarang burung walet ke China merupakan peluang bisnis yang menjanjikan, mengingat permintaan dan nilai produk ini sangat tinggi di China. Namun, untuk bisa mengekspor sarang burung walet ke China, harus memenuhi beberapa persyaratan dan tahapan yang ditetapkan oleh pemerintah China dan Indonesia. Persyaratan dan tahapan ini bertujuan untuk menjamin kualitas, keamanan, dan ketelusuran produk sarang burung walet yang diekspor ke China.

Demikian artikel yang saya buat tentang cara ekspor sarang walet ke China. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu dalam memulai bisnis ekspor sarang burung walet. Jika memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tags:

Share:

Related Post

Leave a Comment