Cara Kerja INSW dalam Sistem Perdagangan

admin

0 Comment

Link
Cara Kerja INSW

Jdlexpress.co.id – Apakah kalian pernah mendengar tentang INSW? INSW adalah singkatan dari Indonesia National Single Window, yaitu sebuah sistem yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses perizinan dan pelayanan perdagangan lintas batas di Indonesia. INSW merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi ekonomi Indonesia di era globalisasi.

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang apa itu INSW, bagaimana cara kerjanya, apa manfaatnya, dan apa tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Mari kita mulai!

Apa itu INSW?

INSW adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan berbagai instansi pemerintah yang terlibat dalam proses perizinan dan pelayanan perdagangan lintas batas di Indonesia, seperti Bea Cukai, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Karantina, dan lain-lain. Dengan menggunakan INSW, para pelaku usaha dapat mengajukan permohonan izin dan dokumen perdagangan secara online melalui satu pintu, tanpa harus mengurusnya secara terpisah di masing-masing instansi.

INSW dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2008 tentang Indonesia National Single Window. INSW mulai beroperasi secara penuh pada tahun 2012, setelah melalui beberapa tahap pengembangan dan uji coba. INSW juga merupakan bagian dari ASEAN Single Window (ASW), yaitu sebuah sistem yang menghubungkan sistem single window nasional di negara-negara anggota ASEAN untuk memfasilitasi perdagangan regional.

Baca Juga : Mengenal Shipping: Apa itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Saja Manfaatnya?

Bagaimana Cara Kerja INSW?

INSW bekerja dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang canggih untuk menghubungkan berbagai instansi pemerintah yang terkait dengan perdagangan lintas batas. Para pelaku usaha dapat mengakses INSW melalui website resmi insw.go.id atau melalui aplikasi mobile yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha untuk menggunakan INSW:

  1. Mendaftar sebagai pengguna INSW dengan mengisi formulir registrasi dan mengunggah dokumen yang diperlukan, seperti NPWP, SIUP, TDP, dan lain-lain.
  2. Masuk ke akun INSW dengan menggunakan username dan password yang telah dibuat.
  3. Mengisi formulir permohonan izin dan dokumen perdagangan yang sesuai dengan jenis barang dan tujuan ekspor atau impor, seperti PEB, PIB, COO, SNI, SKA, dan lain-lain.
  4. Mengunggah dokumen pendukung yang diperlukan, seperti faktur, packing list, surat jalan, sertifikat asal, sertifikat kesehatan, dan lain-lain.
  5. Menunggu proses verifikasi dan validasi oleh instansi pemerintah yang bersangkutan, yang dapat dilakukan secara otomatis atau manual, tergantung pada jenis barang dan dokumen.
  6. Menerima notifikasi hasil permohonan izin dan dokumen perdagangan, yang dapat berupa persetujuan, penolakan, atau permintaan perbaikan data.
  7. Mencetak dokumen yang telah disetujui dan menyerahkannya kepada pihak yang berwenang, seperti Bea Cukai, pelabuhan, atau bandara.
  8. Melakukan proses ekspor atau impor sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Apa Manfaat INSW?

INSW memiliki banyak manfaat bagi para pelaku usaha, pemerintah, dan masyarakat, antara lain:

  • Mempercepat dan mempermudah proses perizinan dan pelayanan perdagangan lintas batas, sehingga menghemat waktu, biaya, dan tenaga.
  • Menyederhanakan dan menstandarisasi prosedur dan persyaratan perdagangan lintas batas, sehingga mengurangi kerumitan, ketidakpastian, dan kesalahan.
  • Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas proses perizinan dan pelayanan perdagangan lintas batas, sehingga mengurangi praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.
  • Memperkuat koordinasi dan kerjasama antara berbagai instansi pemerintah yang terlibat dalam perdagangan lintas batas, sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik.
  • Menyediakan data dan informasi yang akurat dan terintegrasi tentang perdagangan lintas batas, sehingga mendukung pengambilan kebijakan dan pengawasan yang tepat.
  • Meningkatkan daya saing dan produktivitas para pelaku usaha, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
  • Menyelaraskan sistem perdagangan lintas batas Indonesia dengan standar internasional, sehingga meningkatkan akses pasar dan integrasi regional.

Apa Tantangan INSW?

Meskipun memiliki banyak manfaat, INSW juga menghadapi beberapa tantangan dalam implementasinya, antara lain:

  • Kurangnya kesadaran dan pemahaman para pelaku usaha tentang INSW, sehingga masih banyak yang enggan atau kesulitan untuk menggunakan sistem ini.
  • Kurangnya kesiapan dan ketersediaan infrastruktur dan sumber daya manusia yang mendukung operasional INSW, seperti jaringan internet, perangkat keras, perangkat lunak, dan SDM yang kompeten.
  • Kurangnya harmonisasi dan sinkronisasi antara berbagai regulasi dan kebijakan yang mengatur perdagangan lintas batas, sehingga masih ada ketimpangan dan tumpang tindih antara instansi pemerintah.
  • Kurangnya koordinasi dan komunikasi antara berbagai pemangku kepentingan yang terlibat dalam INSW, seperti pemerintah, pelaku usaha, asosiasi, akademisi, dan masyarakat sipil.
  • Kurangnya pengembangan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas INSW, seperti penambahan fitur, fungsi, layanan, dan integrasi dengan sistem lain.
  • Kurangnya pengawasan dan evaluasi untuk mengukur kinerja dan dampak INSW, serta mengatasi masalah dan hambatan yang muncul dalam implementasinya.

Baca Juga : Pengertian Omnichannel dan Multichannel, Apa Perbedaan dan Manfaatnya?

Kesimpulan

INSW adalah sebuah sistem yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses perizinan dan pelayanan perdagangan lintas batas di Indonesia. INSW memiliki banyak manfaat bagi para pelaku usaha, pemerintah, dan masyarakat, namun juga menghadapi beberapa tantangan dalam implementasinya. Untuk itu, diperlukan kerjasama dan komitmen dari semua pihak untuk terus mengembangkan dan memperbaiki INSW, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perdagangan dan pembangunan Indonesia.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang INSW. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca!

Tags:

Share:

Related Post

Leave a Comment